Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga

ANGGARAN DASAR APKA

MUKADIMAH

Bahwa transportasi merupakan salah satu sarana yang amat penting bagi keberhasilan pembangunan Negara Indonesia dalam mewujudkan masyarakat adil makmur yang merata sebagaimana yang kita cita-citakan.

Bahwa perkeretaapian di Indonesia diharapkan menjadi tulang punggung transportasi darat, dan oleh karena itu pembangunan perkeretaapian mutlak harus dilaksanakan secara berkesinambungan guna tercapainya kelancaran pembangunan.

Bahwa tugas pembangunan perkeretaapian bukan hanya tanggung jawab perusahaan kereta api saja, melainkan merupakan pula tanggung jawab Pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Bahwa untuk menunjang keberhasilan pembangunan perkeretaapian dipandang perlu untuk menghimpun tenaga yang profesional di bidang perkeretaapian baik yang ada di instansi-instansi pemerintah, swasta, maupun yang ada di masyarakat.

Maka dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dengan rasa kesadaran, pengabdian dan tanggung jawab untuk berperanserta dalam pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan perkeretaapian pada khususnya, pada hari Sabtu tanggal 10 Agustus 1991 para pejabat Perusahaan Umum Kereta Api dan mantan pejabat perusahaan kereta api, bersepakat untuk membentuk suatu organisasi yang mewadahi semua profesi perkeretaapian di Indonesia, dikukuhkan oleh Direksi Perusahaan Umum Kereta Api dengan SK No KA/OT/29160/SK/91 tanggal 17 September 1991, dan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia pada hari Sabtu, tanggal 28 September 1991, dengan nama Asosiasi Pakar Perkeretaapian Indonesia.

Perkumpulan sebagai wadah para profesional perkeretaapian dimaksudkan untuk membantu para pemangku kepentingan (stake holder) berupa pemikiran, saran dan pendapat yang meliputi segala aspek perkeretaapian baik hal-hal yang bersifat teknis operasional, manajerial, maupun pembangunan serta pengembangan perkeretaapian di masa mendatang.

 

BAB I

NAMA, TEMPAT, DAN WAKTU

Pasal 1

Nama dan Tempat

Organisasi ini bernama “Perkumpulan Profesi Perkeretaapian Indonesia” (disingkat APKA) atau dalam bahasa inggris disebut “Association of Indonesia Railways Profession” (disingkat AIRP) dan berkedudukan di kota Bandung, dalam Anggaran Dasar APKA (AD APKA) ini selanjutnya disebut APKA, merupakan organisasi bersifat nasional yang tidak mempunyai cabang.

Pasal 2

Waktu

APKA didirikan di Bandung pada hari Sabtu, tanggal 10 Agustus 1991 untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

BAB  II

ASAS, LANDASAN, SIFAT, TUJUAN, DAN FUNGSI

 Pasal 3

Sifat, Asas dan Landasan

APKA adalah organisasi yang bersifat independen dan nirlaba, berasaskan Pancasila serta  berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945.

Pasal 4

Tujuan

APKA bertujuan :

  1. Menghimpun dan membina para profesional perkeretaapian dalam suatu wadah guna meningkatkan mutu dan kemampuan segenap anggotanya dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, serta pengembangan perkeretaapian.
  2. Turut serta dalam pembangunan negara pada umumnya dan pembangunan perkeretaapian pada khususnya melalui pengetahuan, keahlian, keterampilan dan pengalaman sesuai Kode Etik dan Kaidah Tata laku Keprofesian APKA