Kode Etik

PERKUMPULAN PROFESI PERKERETAAPIAN INDONESIA

  1. Dalam menunaikan tugas keprofesian yang dipercayakan kepadanya, anggota APKA bertanggung jawab kepada diri sendiri, mitra kerja, pemangku kepentingan (stake holders), profesi, ilmu pengetahuan, masyarakat, serta bangsa dan negara Indonesia, sebagai wujud pengabdian kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2.  Dalam menunaikan tugas, anggota APKA membaktikan seluruh kemampuan, keahlian, keterampilan, ilmu pengetahuan, dan pengalaman dengan penuh tanggung jawab di dalam proses pembangunan dan pengembangan perkeretaapian demi kesejahteraan umat manusia lahir dan bathin, dengan tetap menjaga kemandirian berpikir dan kebebasan bersikap.
  3.  Anggota APKA harus menempatkan diri, menata pemikiran dan hasil karyanya, bukan sebagai tujuan melainkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan kemanusiaan dengan sehemat mungkin menggunakan sumber daya alam serta menghindari terjadinya dampak negatif.
  4.  Atas dasar kepercayaan akan keutuhan integritas, keahlian, kejujuran, kearifan dan rasa sosial yang dilimpahkan kepadanya, maka anggota APKA   mendahulukan tugas dan tanggung jawab nya melebihi hak dan kepentingan diri sendiri.
  5.  Tanpa mengurangi hak dan kepentingan pemberi tugas , mitra kerja dan pemangku kepentingan (stake holders), anggota APKA berusaha memahami dan memperjuangkan kepentingan lingkungan dan masyarakat pemakai, sekalipun yang bersangkutan bukanlah pemberi imbalan jasa secara langsung.
  6.  Anggota APKA sebagai profesional harus berupaya menyajikan karyanya dalam bidang Perkeretaapian dengan penuh tanggung jawab berdasarkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, bijaksana dan konsisten dalam setiap keputusannya.